Thursday, May 14, 2009

Baked Potato Recipe


Disclaimer: The recipe is not mine. I copied it from http://allrecipes.com/Recipe/Microwave-Baked-Potato/Detail.aspx
I put it here because my friend asked me about this recipe.

Microwave Baked Potato

INGREDIENTS
1 large russet potato
1 tablespoon butter or margarine
3 tablespoons shredded Cheddar cheese
salt and pepper to taste

DIRECTIONS Scrub the potato, and prick several time with the tines of a fork. Place on a plate.
Cook on full power in the microwave for 5 minutes. Turn over, and continue to cook for 5 more minutes. When the potato is soft, remove from the microwave, and cut in half lengthwise. Season with salt and pepper, and mash up the inside a little using a fork. Top the open sides with butter and 2 tablespoons of cheese. Return to the microwave, and cook for about 1 minute to melt the cheese.
Top with remaining cheese and serve.
----
Ita, ini resepnya. Gak sama persis, tapi kurang lebihnya sama.

Kentang Panggang pake Microwave
Bahan
1 buah kentang (katanya paling bagus russet, tapi pake kentang apa aja bisa)
1 sdm mentega/margarin
3 sdm parutan keju cheddar (biasanya gue pake keju Kraft Quick Melt)
garam & merica secukupnya

Cara Membuat
Cuci bersih kentang, gosok dengan sikat, keringkan. Tusuk-tusuk dengan garpu, jarak sekitar 2 cm. Letakkan di piring untuk microwave.
Masak dengan panas maksimal selama kurang lebih 5 menit (kalo gue sih 4 menit cukup). Balik, masak lagi 5 menit. Balik, panas dikurangi sampai setengahnya (medium), masak selama 2 menit. Setelah kentang menjadi lunak, keluarkan dan buat irisan pada bagian tengah kentang, jangan sampai terbelah menjadi dua. Tekan bagian yg tidak teriris sampai kentang merekah.Taburkan garam & merica (gue sih nggak) & tambahkan margarin/mentega di bagian atas (gue biasanya ngga pake), beri parutan keju (yg Quick Melt). Masukkan lagi ke microwave, masak dengan panas medium selama 1-2 menit (jangan lama2, ntar kering). Bisa ditambahkan cacahan paprika, brokoli, potongan ayam, baso, sosis, daging asap (intinya: terserah, sesuai selera).
Hidangkan. Selamat Makan :P

4 comments:

Anonymous said...

Kok aku bikin kejunya ga meleleh kyk yg di iklan?
-Asti-

hans said...

Enak banget jadinya. Pengen nambah jadinya hahahahaha

Anonymous said...

Margarine nya dioleskan kapan ya?
Oiya, kentang nya ga perlu dikupas kan?
Thanks..

Tinaa said...

Margarin dioles di bagian atas sebelum dikasih keju. Aku lupa nulis di resepnya, tapi sudah diralat. Terima kasih koreksinya.

Kentangnya jangan dikupas, makanya harus dicuci bersih. Kalau dimasak sesudah dikupas kentangnya akan mengerut dan terlalu kering, tidak moist. Untuk yang tidak suka makan kulitnya, kentang bisa dikupas tepat sebelum dimakan untuk menjaga kehangatan dan kelembutan kentang.

Yang kejunya tidak meleleh, mungkin kamu bukan pakai Quick Melt? Kemungkinan lain adalah suhu kurang panas, tapi kalau begitu kentangnya juga tidak matang.

Nachos ala Tinaa

Kalau lagi ada diskon Happy Toss, kornet, dan keju di Alfamart atau Indomaret biasanya aku pasti beli untuk bikin nachos. Di internet banyak...